Monday, October 13, 2014

Tips Membeli dan Memilih Gitar Akustik


TUTORIAL GITAR LENGKAP - Tips Membeli dan Memilih Gitar Akustik. Untuk anda yang sedang ingin belajar bermian gitar akustik, salah satu syarat utama untuk mempelajarinya dalah mempunyai gitar itu sendiri. Entah anda meminjamnya dari teman, kerabta atau saudara anda yang penting anda mempunyai gitar untuk dimainkan. Tetapi alangkah leibh baik jika anda membeli gitar sendiri, karena dengan ini anda akan bebas untuk menentukan jadwal latihan dan tidak usah takut lagi kalau gitar akan rusak, toh itu kan sudah gitar kita sendiri.

Untuk membeli gitar, baik yang baru atau second, ada beberapa tips dan trik harus anda taati agar dikemudian hari anda tidak menyesal telah membeli gitar tersebut. 

Sebegai pembeli yang cerdas pastinya kita harus rajin-rajin meneliti dan memilih-milih gitar mana yang memang cocok dan pas buat kita. Jangan sampai anda salah pilih saat membeli gitar. Yang terpenting adalah tidak usah ada perasaan "tidak enak" kepada sang penjual saat kita menemui gitar mereka tidak bagus atau kurang berkualitas. Lebih baik anda menolak nya dengan baik-baik dan mencari alternatif penjual lain untuk membeli gitar.

Sebelum anda memilih gitar, pelajari dahulu bagian-bagian gitar akustik pada gambar dibawah ini.

bagian bagian gitar akustik

Beberapa tips yang musti anda perhatikan saat membeli gitar akustik diantaranya sebagai berikut :

Tips Membeli dan Memilih Gitar Akustik


1. Merk Gitar Akustik
Memilih gitar berdasarkan merek sangatlah penting, karena setiap merek gitar pasti menentukan kualitas suara dan keawetan daripada gitar itu sendiri. Pilih lah merek yang memang banyak dipercayai dan banyak direkomendasikan oleh banyak gitaris. Beberapa merk yang terkenal akan suara dan kualitas bodynya antara lain adalah : Gibson, Fender, Yamaha, Ibanez, Wasburn, Epiphone. Tetapi yang perlu anda ketahui adalah memilih merk gitar sangatlah tidak berpengaruh jika gitar yang anda beli adalah gitar replika atau KW, karena sebagus apa merk gitar kalau yang anda beli adalah replika tetap sama saja.

2. Bahan Gitar Akustik
Untuk membeli gitar akustik yang awet, salah satu hal yang perlu untuk anda perhatikan adalah bahan dari body gitar itu sendiri. Karena bahan gitar selain menentukan kualitas atau karakter suara tetapi juga menentukan keawetan dari gitar itu sendiri. Untuk bahan kayu pilihlah kayu yang memang dipercaya untuk bahan banyak gitar seperti Rosewood, Mahoni, Spruce dll. Setiap kayu mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Untuk saran dari saya, pilih lah gitar akustik yang menggunakan bahan kayu Spruce dan Rosewood. Karena bahan tersebut banyak dipercaya memiliki karakter suara yang keras dan jernih.

3. Neck dan Fretboard

fret board gitar akustik

Neck gitar akan menentukan kualitas anda saat bermain gitar. Karena neck gitar yang baik pasti akan selalu mendukung kemampuan anda. Pilihlah neck gitar yang tipis dan lurus. Karena neck yang terlalu tebal biasanya sulit untuk kita pakai, karena tangan kita susah untuk menjangkau area-area tertentu. Pastikan saat anda membeli gitar, neck gitar yang anda beli juga lurus sempurna. Jangan sampai ada kecacatan pada neck gitar. Karena neck gitar yang tidak lurus berarti gitar tersebut tidaklah bagus.

4. Bentuk Body Gitar Akustik

bentuk gitar akustik
Image by: premierguitar.com
Gitar akustik mempunyai banyak bentuk dan macam variasi. Bentuk dari gitar akan menentukan suara dan kenyamanan anda saat bermain gitar. Pilihlah bentuk yang memang anda sukai dan idamkan, beberapa bentuk yang 

5. Kualitas Fret dan Jumlahnya
Memilih jumlah fret juga sangat penting, karena jumlah fret yang banyak akan memperbanyak atau mempertinggi nada maksimal dari sebuah melodi. Fret gitar akustik mempunyai jumlah yang beragam, antara 14 sampai 24 fret. Pilihlah fret yang tersusun rapi tanpa tonjolan cacat. dan pastikan anda mencoba semua fret bisa dimainkan.

6. Tunner Gitar
tuner gitar akustk
Tunner gitar adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan senar untuk keperluan memasang senar dan menyetem senar. Pilihlah tuner yang terbuat dari material yang bagus seperti stainles steel, dan pastikan tunner kokoh dan tidak mudah rusak.

7. Cek Sound
Sebelum anda membeli gitar akustik pastikan anda telah mengecek suaranya dan memainkan agak sedikit lama dan mencoba berbagai macam variasi kunci dan teknik gitar. Mengecek sound dilakukan untuk mengetahui karakteristik suara gitar dan sustain dari gitar. Pastikan tidak ada fret yang fals saati ditekan/dimainkan.

8. Cek Fisik Gitar
Periksa setiap bagian gitar dengan teliti dan hati-hati. Pastikan gitar yang akan anda beli tidak cacat sedikitpun. Bagian-bagian yang terpenting untuk anda cek antara lain adalah tunner, body depan, body belakang, body samping, penghubung gitar, neck gitar, bridge gitar dan bagian dalam tabung gitar.

Jika anda mempunyai tips tambahan tentang cara memilih gitar akustik, anda bisa memberikan komentar anda dibawah artikel ini. Atau jika ada pertanyaan seputar tips membeli gitar akustik silahkan tinggalkan komentar anda dibawah terimakasih.


Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment