Thursday, October 2, 2014

Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Bagus


TUTORIAL GITAR LENGKAP - Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Bagus. Memilih gitar akustik sangatlah penting, karena proses pemilihan yang baik dan benar akan menghasilkan gitar yang berkualitas dan awet. Apalagi di jaman sekarang yang banyak sekali beredar produk palsu atau replika. Anda harus sangat jeli ketika memilih gitar yang benar.

Sebelumnya ada hal yang perlu anda ketahui tentang gitar akustik ini.

"Apa itu gitar akustik ?"

Menurut informasi yang saya baca di situs ensiklopedia Wikipedia.org gitar akustik adalah :

Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.

tips memilih gitar akustik
Bagi Anda yang ingin membeli gitar akustik, baik di toko maupun secara online. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda memilih.

Dibawah ini adalah beberapa tips cara memilih gitar akustik yang bagus.

Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Bagus


1. Jenis Bahan/Kayu
bahan kayu gitar akustik
Jenis kayu sangat penting untuk diketahui, karena bahan sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan nanti, karakter suara gitar dipengaruhi oleh bahan-nya (kayu).

Body gitar akustik terdiri atas top, side and back, neck, fingerboard dan bridge dimana suara yang dihasilkan nanti berbeda-beda. Jenis kayu yang bagus adalah Rosewood atau Mahogani (Mahoni). Spruce, kayu ini biasa dipakai untuk posisi TOP. Sedangkan kayu mahoni biasa digunakan untuk soundboard.

2. Bentuk Body
bentuk body gitar akustik

Bentuk body dari gitar akustik sangatlah beragam, mulai dari yang kecil hingga ke yang jumbo. Besar kecil tebal atau tipis itu sangat berpengaruh ke suara dan tone yang dihasilkan. Banyak orang mengatakan gitar Fender Telecoustic lebih nyaman dibanding Gibson J200, tapi untuk kualitas suara lebih bagus J200. Bentuk akustik yang pake cutaway ada yang tidak. Keunggulan pakai cutaway tentunya lebih mudah menjangkau fret2 tinggi. Tapi konon gitar akustik tanpa cutaway menghasilkan suara lebih bagus.

3. Ukuran Neck
ukuran neck gitar terbaik

Tebal tipis neck sangat berpengaruh pada kemampuan jari tangan anda saat bermain gitar. Hal ini patut dipertimbangkan. Sesuaikan ukuran neck gitar dengan tangan kita. Fret yang di neck gitar akustik biasanya berkisar antara 12-14 fret. Biasanya ukuran body juga berpengaruh ke ukuran neck.

4. Tunner/Mesin Tuning
tuner gitar akutik yang bagus
Memilih tuner gitar sangatlah penting baik untuk gitar akustik ataupun gitar elektrik. Tuning gitar yang bermerak seperti Grover biasanya lebih bagus dibandingkan yang tidak bermerek. Tetapi dengan resiko harga yang lebih mahal. Pastikan anda memilih tunner yang memang terpercaya, kalaupun anda ingin memilih tunner yang tidak bermerek pastikan bahan baku tunner sangat bagus. dan bukan dari besi rongsokan.

5. Fretboard
Kualitas bahan dari fretboard/fingerboard sangat berpengaruh ke suara gitar. Pilihlah fretboard yang terbuat dari kayu terbaik misalnya Rosewood. Jangan pastikan fretboard tidak dilapisi dengan cat. Karena kebanyakan fretboard abal-abal yang dilapisi cat sangatlah tidak nyaman dan mudah terkelupas.



1 comment: