Saturday, October 4, 2014

Pengenalan Gitar Klasik Untuk Pemula


TUTORIAL GITAR LENGKAP - Pengenalan Gitar Klasik Untuk Pemula. Di bagian pertama ini kita akan mempelajari tentang apa itu gitar klasik. Seperti apa gitar klasik dan beberapa jenis merk gitar klasik. Hal ini sangat penting untuk menambah pengetahuan anda tentang gitar klasik. Belajar teori tidak selamanya salah, bahkan untuk mempelajari praktek, teori adalah satu-satunya hal yang harus dipelajari. Banyak gitaris yang langsung ke praktek tanpa mempelajari teori terlebih dahulu, alhasil dia akan kurang bisa mendalami permainan gitar klasik.

Gitar Klasik sendiri adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik. Pada umumnya gitaris gitar klasik lebih sering menggunakan jari jemari daripada menggunakan pick/plektrum gitar. Bentuk gitar klasik sangat mirip dengan gitar akustik, hanya saja senar gitar klasik terbuat dari senar nilon bukan senar baja. Dan hal yang membedakan lagi antara gitar akutik dengan gitar klasik adalah neck/fingerboard gitar klasik yang lebih lebar.

Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo dan dimainkan dengan menggunakan teknik fingerpicking komprehensif.

Sejarah Gitar


Mempelajari sejarah gitar sangat penting untuk menambah pengetauan anda tentang alat musik gitar klasik. Peribahasa mengatakan "Tak kenal maka tak sayang" yang bisa berarti bahwa kita harus mengehal sesuatu yang akan kita pelajari sebelum mulai memainkanya, karena dengan mengenal seluk beluk tentang gitar akustik maka akan semakin bertambah rasa sayang/kesukaan kita terhadap gitar klasik.

Sejarah gitar  bermula dari alat musik petik kuno di wilayah Persia pada tahun 1500SM yang pada mulanya bernama citar  atau sehtar.

"Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan (2) Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini." (kutipan: Wikipedia.org)


Berbagai Merk Gitar Klasik

1. Yamaha
Untuk urusan gitar klasik, yamaha memang patut diunggulkan, dengan kualitas body gitarnya yang bagus dan kualitas suara yang bening, membuat gitar klasik besutan yamaha selalu menjadi pilihan no.1. Salah satu model gitar klasik dari yamaha yang cukup populer adalah Yamaha C Series. Gitar klasik ini lebih ditujukan untuk pemula (Beginer) yang sedang ingin belajar gitar klasik.

gitar klasik yamaha c series

2. Fender
Fender juga tak kalah untuk masalah gitar klasik, walaupun pada kenyataanya Fender lebih terkenal untuk merk gitar elektriknya. Gitar klasik Fender juga lumayan untuk dipertimbangkan. Banyak model yang bisa anda cari. Salah satunya adalah Fender CN-320AS ALL SOLID CLASSICAL.

gitar klasik ibanez

3. Cardoba
Cardoba adalah merk gitar yang tidak bisa dianggap remeh. Hampir semua gitar produksi Cardoba Music Group adalah gitar kelas premium, tentu saja harga yang ditawarkan pun cukup menguras kantong. 

One of the original models of the Iberia series, the Cordoba C5 is a full size acoustic nylon-string guitar with a solid Canadian cedar top, mahogany back and sides and a rosewood fingerboard. Handmade in the traditional Spanish style, the C5 also features an all wood inlaid rosette, rosewood binding, hand carved headstock, fan bracing system, and bone nut and saddle. (quote: cardobaguitars.com)

Salah satu seri gitar klasik cardoba yang banyak dipakai orang adalah gitar klasik Cardobaa C5.

gitar klasik cardoba

Ada juga beberapa merk gitar klasik lain yang tak kalah bagunya, diantaranya adalah : Takamine, Espana, Alvarez, dll

Artikel selanjutnya > Anatomi Bagian-Bagian Gitar Klasik

No comments:

Post a Comment