Wednesday, October 1, 2014

Pengenalan Gitar Akustik Untuk Pemula


TUTORIAL GITAR LENGKAPPengenalan Gitar Akustik Untuk Pemula. Pada bagian ini kita akan mempelajari hal mendasar yang harus anda ketahui sebelum kita melanjutkan ke praktek. Bagian ini sangatlah penting, karena jika anda tidak bisa menguasai hal mendasar ini maka anda akan menemui kesulitan nantinya baik saat latihan atau membaca tutorial selanjutnya.

Materi yang akan dibahas disini antara lain tentang pengertian gitar akustik, sejarah gitar akustik, anatomi/bagian-bagian gitar akustik dan beberapa referensi tentang merk gitar akustik.

Gitar akustik sendiri adalah salah satu dari berbagai jenis gitar yang ada. Perbedaan gitar akustik dengan elektrik adalah tipe gitar-nya yang mandiri. Gitar elektrik harus menggunakan sumber daya listik untuk memainkanya, sedangkan gitar akustik bisa dimainkan tanpa listrik, karena memang gitar ini tidak ditujukan untuk bermain menggunakan sumber listrik, walaupun ada beberapa tipe gitar akustik yang mulai menggunakan sumber daya listrik yaitu gitar akustik elektrik.

Sejarah Gitar Akustik

Mempelajari tentang sejarah gitar juga penting untuk menambah wawasan tentang alat musik yang akan kita pelajari. Peribahasa mengatakan "Tak kenal maka tak sayang" yang bisa berarti bahwa kita harus mengehal sesuatu yang akan kita pelajari sebelum mulai memainkanya, karena dengan mengenal seluk beluk tentang gitar akustik maka akan semakin bertambah rasa sayang/kesukaan kita terhadap gitar akustik.

Sejarah gitar  bermula dari alat musik petik kuno di wilayah Persia pada tahun 1500SM yang pada mulanya bernama citar  atau sehtar.

"Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan (2) Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini." (kutipan: Wikipedia.org)

Berbagai Merk Gitar Akustik



1. Yamaha


Yamaha adalah salah satu merk gitar akustik terbaik di dunia. Yamaha Corporation selaku pembuat gitar yamaha adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini memasok berbagai jenis gitar yamaha ke Asia, Eropa dan Amerika. Produk unggulan dari Yamaha adalah jenis gitar akustik.

Gitar akustik Yamaha memiliki harga yang relatif mahal, itu dikarenakan kualitas-nya yang baik dan diatas rata-rata. Kualitas suara merupakan salah satu kelebihan dari gitar akustik Yamaha. Salah satu gitar akustik andalah dari Yamaha yang paling populer adalah Yamaha FG700S - FG Series - Accoustic

gitar akustik yamaha
Yamaha FG700S - image by: yamaha.com

2. Fender

Fender adalah perusahaan gitar yang sangat populer di dunia. Fender sendiri adalah perusahaan gitar listrik asal Scottdale, Arizona, Amerika Serikat. Gitar akustik dari fender mempunyai reputasi yang bagus untuk hal suara dan kualitas bahan. Merk ini juga dikenal sebagai merk yang membuat gitar mura tapi memiliki suara yang bagus. Salah satu produk entry level (murah) yang populer adalah Fender Fa -100 dan yang terbaru adalah Fender cd-60 Accoustic

gitar akustik fender cd60
Fender CD-60 - image by: fender.com

3.Ibanez

Ibanez adalah salah satu dari beberapa gitar terbaik di dunia. Produk unggulan Ibanez sebenarnya adalah gitar listrik dan gitar bass. Tapi mereka juga membuat gitar akustik yang bagus juga. Salah satu produk gitar akustik dari Ibanez adalah seri V yang memang didesain untuk pemula. Mayoritas bahan baku gitar akustik Ibanez adalah kayu mahoni yang digunakan pada leher, bagian belakang gitar dan atas gitar. Sedangkan kayu rosewood digunakan untuk penghubung dan fretboard. Pemilihan bahan baku yang sempurna membuat gitar akustik dari Ibanez ini tidak mengecewakan.

gitar akustik ibanez terbagus
Ibanez AVN1 - image by: ibanez.co.jp

4. Gibson

Gibson adalah perusahaan gitar asal Amerika yang cukup sukses memasarkan produknya. Produk gitar gibson yang paling laku adalah gitar listrik, tetapi mereka juga tidak kalah di produksi gitar akustik. Karakteristik gitar akustik dari gibson adalah fingerboard-nya yang menggunakan kayu rosewood kualitas tertinggi. Gitar akustik gibson memiliki suara yang halus dan nyaman untuk digunakan. Untuk kualitas suara yang pasti anda tidak akan kecewa. Salah satu gitar unggulan dari gibson adalah Gibson J-15 DREADNOUGHT.

gitar akustik gibson terbaik
Gibson J-15 DREADNOUGHT - image by: gibson.com

5. Epiphone

Epiphone adalah asosiasi dari perusahaan gitar Gibson untuk gitar akustik. Kualitas suara dari Epiphone hampir sama dengan produk Gibson, dengan variasi harga membuat Epiphone menjadi populer. Bahan baku dari gitar akustik Epiphone juga sama dengan Gibson yaitu kayu mahoni dan rosewood. Salah satu best seler dari gitar akustik adalah Epiphone DR-100.

gitar akustik epiphone terbaik
Epiphone DR-100 - image by: epiphone.com


Selain beberapa merk yang disebutkan diatas, ada juga merk gitar akustik lainya yang tak kalah bagus, diantaranya adalah Takamine dari Jepang, Seagull dari Canada, Samick dari Korea, Oscar Schmidt dan Taylor.

Artikel selanjutnya > Anatomi Bagian-Bagian Gitar Akustik

Referensi : wikipedia.org, yamaha.com, fender.com, gibson.com, ibanez.co.jp, epiphone.com.

1 comment: