Tuesday, October 21, 2014

Cara Memainkan Power Chord Pada Gitar


TUTORIAL GITAR LENGKAP - Cara Memainkan Power Chord Pada Gitar. Power chord adalah sebuah teknik gitar yang memang paling banyak digunakan oleh gitaris-gitaris Rock atau Metal. Tapi mungkin kebanyakan gitaris bisa atau pernah memainkan teknik ini tapi mereka tidak tahu apa nama teknik yang sedang mereka mainkan.

Power chord sendiri adalah sebuah teknik gitar dimana chord hanya terdiri dari 2 nada, yaitu nada pertama (nada dasar) dan nada ke lima. Oleh karena itu chord ini biasa ditulis dengan menyertai angka 5, misal power chord A adalah A5.

Bagi anda yang ingin melihat diagram dari power chord, silahkan lihat gambar dibawah ini.

cara main power chord gitar

Chord ini biasanya hanya dipakai pada lagu-lagu Rock atau lagu metal saja. Dan lebih sering digunakan sebagai rhythm guitar.

Ketika dua atau lebih catatan yang dimainkan melalui proses distorsi yang non-linear mengubah sinyal audio, parsial tambahan dihasilkan di jumlah dan perbedaan dari frekuensi harmonik catatan tersebut (distorsi intermodulation). 

Ketika akord khas (misalnya, akord mayor atau minor) yang terdiri dari tiga atau lebih derajat yang berbeda dari skala dimainkan melalui distorsi, jumlah frekuensi yang berbeda yang dihasilkan, dan rasio yang kompleks di antara mereka, dapat menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi berantakan dan tidak jelas (diperkuat oleh temperamen sama dan inharmonicity). 

Namun, dalam power chord, rasio antara frekuensi dari akar dan kelima adalah sangat dekat dengan hanya selang 3: 2. Saat dimainkan melalui distorsi, intermodulation mengarah ke produksi parsial terkait erat dalam frekuensi harmonisa asli dua catatan, menghasilkan suara yang lebih koheren. Intermodulation menyebabkan spektrum suara yang akan diperluas di kedua arah, dan dengan cukup distorsi, komponen frekuensi baru yang mendasar muncul di satu oktaf lebih rendah dari catatan akar akord dimainkan tanpa distorsi, memberikan lebih kaya, lebih bassy dan lebih subyektif suara 'kuat' daripada sinyal terdistorsi. 

Bahkan ketika dimainkan tanpa distorsi, rasio sederhana antara harmonik dalam catatan dari power chord dapat memberikan suara kaku dan kuat, karena efek nada yang dihasilkan. 

Daya chords juga memiliki keuntungan tambahan yang relatif mudah untuk bermain (lihat "fingering" di bawah), yang memungkinkan perubahan akord cepat dan penggabungan mudah ke dalam melodi dan riff.


Artikel terkait :


1 comment: