Thursday, October 2, 2014

Berbagai Genre Musik Dari Gitar Akustik


TUTORIAL GITAR LENGKAP - Berbagai Genre Musik Dari Gitar Akustik. Genre musik adalah aliran seorang musisi dalam bermusik. Genre musik sendiri sangatlah beragam dan setiap aliran mempunyai ciri khas / karakteristik yang berbeda-beda. Kekuatan genre musik juga menentukan penampilan custom musisi di panggung, jenis penikmat musik dan bahkan watak atau sifat dari penikmat maupun musisi genre itu sendiri.

Genre musik Heavymetal kadang merepresentasikan orang yang keras dan penuh semangat. Tetapi itu semua tidak 100% benar, mungkin hanya berlaku untuk beberapa orang saja, karena bisa saja orang yang lemah lembut dan alim menyukai genre musik metal.

Genre musik classic juga dipercaya banyak disukai oleh orang-orang yang cerdas dalam sisi intelektual. sedangkan genre musik Pop yang melow biasanya disukai oleh orang yang sering galau.
kumpulan genre musik gitar akustik

Gitar akustik sendiri juga banyak menyumbang berbagai aliran musik, seperti pop, clasic, country, dll. Disini caragitar.com akan memberikan beberapa gambaran tentang genre musik dari gitar Akustik.

Berbagai Genre Musik Dari Gitar Akustik


1. Country
Genrey country ini adalah campuran dari beberapa unsur musik Amerika. Musik ini berawal dari lagu rakya Amerika Utara, yang berkembang sejak tahun 1920an. Pada tahun 1970-an musik country ini cukup populer. Contoh artis yang menggunakan genre musik ini adalah Taylor Swift.

2. Alternative Rock
Alternative Rock selain menggunakan gitar elektrik aliran ini juga banyak memakai gitar Akustik sebagai intro. Genre ini sendiri muncul pada tahun 1980an dan menjadi populer pada tahun 1990. Nama "alternatif" sendiri ditemukan pada tahun 1980 yang digunakan untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran puck rock pada masanya. Contoh grup band yang menggunakan aliran musik jenis ini adalah Nirvana.

3. Rock
"Rock Genre Rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik. Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Disamping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya, musik rock “mempunyai tiga chords, bakcbeat yang konsisten dan mencolok dan melody yang menarik”. Pada akhir tahun 60-an dan awal 70-an, musk rock berkembang menjadi beberapa jenis. Yang bercampur dengan musik folk (musik daerah di amerika) menjadi folk rock, dengan blues menjadi blues-rock dan dengan jazz, menjadi jazz-rock fusion. Pada tahun 70an, rock menggabungkan pengaruh dari soul, funk, dan musik latin. Juga pada tahun 70an, rock berkembang menjadi berbagai subgenre (sub-kategori) seperti soft rock, glam rock, heavy metal, hard rock, progressive rock, dan punk rock. Sub kategori rock yang mencuat pada tahun 80an termasuk New Wave, hardcore punk dan alternative rock. Pada tahun 90an terdapat grunge, Britpop, indie rock dan nu metal. Contoh Band yang menggunakan Genre Rock : My Chemical Romance" (kutipan: Wikipedia.org)

Genre musik rock kadang juga sering menggunakan gitar akustik untuk permulaan awal sebuah lagu.

4. Pop
Musik pop adalah rumahnya untuk gitar Akustik. Hampir semua aliran pop pasti menggunakan gitar akustik sebagai pengirinya, khususnya untuk musik-musik pop Indonesia.

Sejarah musik pop sendiri adalah sebagai berikut :

"Musik pop telah menjadi industri menguntungkan di Amerika Serikat sejak abad ke-19. Pada akhir 1950-an muncul genre pop/rock sesudah memudarnya era rock and roll. Pop/rock tahap awal dipengaruhi oleh susunan beat dan gaya rock and roll (dan kadang-kadang doo-wop), tapi tidak terlalu keras seperti rock and roll.[5] Menjelang berakhirnya tahun 1960-an, genre pop/rock mulai dipengaruhi psikedelik dan blue-eyed soul.[5] Pada tahun 1970-an, pop/rock makin cenderung lembut, misalnya seperti musik pop yang dibawakan Burt Bacharach.[5] Artis pop/rock terkenal dari tahun 1960-an misalnya The Beach BoysThe Four Seasons,The Everly BrothersThe AssociationThe RascalsThe Righteous BrothersThe Walker Brothers, dan Petula Clark. Komposer Burt Bacharach, produser Phil Spector, dan tim pencipta lagu dari Brill Building seperti Barry/Greenwich dan Goffin/King termasuk di antara tokoh musik pop/rock tahun 1960-an." (kutipan Wikipedia.org)

Itulah beberapa genra atau aliran yang menggunakan gitar akustik sebagai pengiringnya. Jika anda mempunyai tambahan aliran lain yang menggunakan gitar akustik silahakan tinggalkan komentar anda dibawah.

Artikel selanjutnya > Kumpulan Lick Melody Gitar Akustik

Referensi : wikipedia.org

No comments:

Post a Comment