Saturday, October 4, 2014

Anatomi Bagian-Bagian Gitar Klasik


TUTORIAL GITAR LENGKAP - Anatomi Bagian-Bagian Gitar Klasik. Belajar tentang bentuk fisik atau bagian-bagian gitar klasik ternyata tak kalah pentingnya dengan belajar praktek. Hal ini akan mempermudah kita nantinya jika ingin membeli gitar atau memperbaiki gitar klasik.

Beberapa bagian-bagian gitar terpenting yang harus anda ketahui antara lain adalah fretboard/fingerboard gitar, tuner gitar, dan neck gitar. Adapun bagian lain dari kita juga harus kita pelajari untuk menambah wawasan kita tentang gitar klasik. Disini caragitar.com akan memberikan pengenalan gitar klasik berupa gambar dan dilengkapi dengan pembahasan.

Bagian-Bagian Gitar Klasik


Dibawah ini adalah gambar anatomi bagian-bagian gitar klasik.

gambar bagian gitar klasik

1. Kepala (Headstock)
gambar headstock gitar klasik
Headstock gitar klasik terdapat dibagian atas gitar, bagian kepala gitar klasik memang bede dengan gitar pada umunya, karena ada 2 lubang pada headstock. Disini juga pembuat gitar biasa menempelkan tulisan atau logo.

2. Nut
nut gitar klasik
Nut adalah sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Tanpa nut maka suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua merk gitar mempunyai warna nut yang sama yaitu putih.

3. Tunner
tuner gitar klasik
Tuner gitar klasik memang berbeda dengan tunner gitar akustik atau gitar lain. Tunner gitar klasik lebih ke bentuk jaman dulu. Pegangan tunner pun juga bukan dari stainles steel.

4. Fret
fret classic guitar

Fret adalah besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam. Pada gitar klasik fret gitar berjumlah 19 buah. Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar.

5. Leher (Neck)
Leher gitar juga menentukan kualitas dari gitar klasik, karena gitar yang baik adalah gitar yang mempunyai neck/leher yang lurus.

6. Penghubung
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body).

7. Badan (Body)
badan gitar klasik
Badan gitar adalah bagian yang paling menonjol pada gitar, karena hampir 80% gitar terdiri dari badan gitar. Badan gitar juga menjadi ikon tersendiri bagi para pemegang hak cipta gitar. Bentuk dari badan gitar sangatlah beragam dan bervariasi tergantung dari si pembuat gitar.

8. Bridge
bridge classical guitar
Bridge mempunyai fungsi untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar. Pada bagian bridge terdapat bantalan putih yang bernama Saddle. Bagian bridge sendiri terbuat dari kayu kualitas terbaik.

9. Soundboard
Soundboard adalah kotak resonansi suara pada gitar. Soundboard ini berbentuk seperti tabung yang di dalamnya terdapat ruangan yang berfungsi untuk meresonansikan suara dari senar gitar, sehingga suara dari senar akan lebih nyaring dan lebih keras.

10. Lubang Suara
lubang suara gitar klasik

Lubang suara adalah bagian yang digunakan sebagai akses dari soundboard. Getaran dari senar gitar yang muncul akan melewati lubang ini sebelum bunyi diresonansikan oleh soundboard gitar.

11. Senar (String)
Senar gitar juga merupakan hal terpenting dari sebuah gitar, karena gitar belumlah lengkap jika tidak dilengkapi dengan senar. Senar gitar klasik sangat berbeda dengan gitar akustik maupun gitar elektrik, karena senar gitar klasik terbuat dari bahan nilon. Jumlah senar gitar akustik ada 6 buah, yaitu senar 1, senar 2, 3, 4, 5 dan 6. Masing - masing senar juga mempunyai nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E' (Standard Tuning).

12. Saddle
Saddle adalah bantalah yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi dari saddle ini mirip dengan fungsi nut yaitu agar suara senar gitar terdengan nyaring.

13. Fingerboard/Fretboard
fretboard gitar klasik


Seusuai dengan namanya Fingerboard yang berarti papan jari. Yaitu adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck).


Senar Gitar


Gitar memiliki 6 buah senar yang mempunyai ukuran dan nada yang berbeda-beda. Gitar klasik pada umumnya memiliki senar yang terbuat dari bahan nilon.

tuning stem senar gitar akustik

Gitar mempunyai berbagai macam jenis tuning. Tipe tuning yang paling banyak digunakan adalah "Standard Tuning". Pada standar tuning senar 1 bernada E', senar 2 bernada B, senar 3 bernada G, senar 4 bernada D, senar 5 bernada A dan senar 6 bernada E.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan lihat tabel berikut :
cara stem gitar akustik standar

Artikel terkait :


Nada Pada Gitar


Pada setiap bagian fingerboard akan muncul nada yang berbeda-beda saat kita menekanya. Untuk lebih lengkapnya tentang nada-nada pada fretboard/fingerboard silahkan lihat gambar dibawah ini.

nada pada fret gitar

Atau baca tabel ini :
nada pada fret gitar

Dengan mempelajari anatomi atau bagian-bagian gitar maka anda akan lebih tahu seluk beluk tentang gitar klasik. 

No comments:

Post a Comment