Sunday, October 5, 2014

Anatomi Bagian-Bagian Gitar Elektrik


TUTORIAL GITAR LENGKAP - Anatomi Bagian-Bagian Gitar Elektrik. Gitar elektrik atau biasa disebut gitar listrik adalah sebuah alat musik yang memang hebat. Dengan gitar ini banyak orang menjadi gitaris handal sekaligus selebritis yang terkenal. Sebut saja Paul Gilbert, Joe Satriani, Slash, dll.

Gitar elektrik memang mempunyai tempat tersendiri bagi kalangan musisi/gitaris. Gitar ini bisa mengeluarkan berbagai bunyi maupun berbagai genre musik.

Bagian-Bagian Gitar Elektrik


Dibawah ini adalah gambar anatomi bagian-bagian gitar elektrik.

gambar bagian gitar listrik

1. Kepala (Headstock)
Headstock gitar elektrik berada dibagian paling atas pada gitar. Headstock ini adalah tempat dimana terdapat tuner dan logo dari si pembuat gitar. Dibagian ini juga terdapat Nut gitar yang digunakna sebagai bantalan senar gitar.

2. Nut
Nut adalah sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga ke-6 senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Jika tidak ada nut maka suara gitar tidak akan terasa nyaring. Semua produk gitar mempunyai nut, kebanyakan berwarna sama yaitu putih.

3. Tunner
Tunner gitar elektrik adalah bagian yang penting karena menentukan kualitas tuning gitar, Tunner gitar yang bagus akan selalu menjaga steman gitar agar tidak berubah.Tuner gitar elektrik berbahan metal/stainles steel. Jumlah tunner sama dengan jumlah senarnya yaitu 6 buah, karena setiap tunner mewakili satu senar. Fungsi dari tunner ini adalah untuk menyetem gitar elektrik.

4. Fret
Fret adalah besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam. Pada gitar akustik fret gitar berjumlah 19 buah. Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar. Fret gitar merupakan bagian yang penting karena sebagai penentu tinggi rendahnya nada saat kita memetik senar, oleh karena itu fret menjadi bagian yang harus diberikan perhatian khusus.

5. Leher (Neck)
Leher gitar adalah tempat tangan kiri kita memegang gitar. Leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna. Jika leher gitar sudah melengkung maka dipastikan gitar tersebut sudah tidak bagus lagi. Leher gitar ini terbuat dari kayu solid berkualitas tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa didalam neck gitar terdapat benda yang terbuat dari besi berbentuk panjang fungsinya untuk menstabilkan dan meluruskan neck gitar benda ini dinamakan Truss Rod. pada gitar elektrik truss rod akan terlihat di awalan headstock ada juga yang tertutup dan harus dibuka terlebih dahulu penutupnya untuk melihatnya. Sedangkan pada gitar akustik truss rot akan nampak di dekat soundhole.

6. Penghubung
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body).

7. Badan (Body)
Badan gitar adalah bagian yang paling menonjol pada gitar, karena hampir 80% gitar terdiri dari badan gitar. Badan gitar juga menjadi ikon tersendiri bagi para pemegang hak cipta gitar. Bentuk dari badan gitar sangatlah beragam dan bervariasi tergantung dari si pembuat gitar.

8. Bridge
Bridge mempunyai fungsi untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar. Bagian gitar ini memang terlihat sepele jika dilihat dari fungsinya secara mendasar, namun dalam perkembangannya ada beberapa jenis bridge yang menarik untuk kita simak bersama. Bahkan untuk beberapa merk gitar tertentu seperti Fender dan Gibson memiliki rancangan khusus yang bertujuan untuk mempengaruhi tone yang dihasilkan dari gitar tersebut.

9. Pickup
Pickup gitar elektik sangat memegang peranan penting dalam alat musik gitar. Pickup sendiri adalah perangkat yang berfungsi sebagai tranduser yang akan menangkap getari mekanik dari senar dan akan mengubahnya menjadi sinyal analog yang akan diteruskan ke ampli gitar dan ke speaker. Jenis pickup gitar sangatlah beragam, biasanya dibedakan menurut jenis/aliran musik yang digunakan. Pickup gitar untuk musik metal tentu akan mempunyai konstruksi beda dengan pickup untuk gitar jass.

10. Volume/Tune Controls
Volume dan Tone control berada di bagian bawah gitar, letak dari kedua bagian ini sejajar, tergantung dari merk gitar-nya. Volume control mempunyai fungsi untuk mengubah suara gitar dengan keinginan kita, apakah mau diperbesar atau diperkecil. Sedangkan fungsi dari tone adalah untuk mengubah suara gitar menjadi low atau bass.

11. Senar (String)
Senar gitar juga merupakan hal terpenting dari sebuah gitar, karena gitar belumlah lengkap jika tidak dilengkapi dengan senar. Jenis senar gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda. Jumlah senar gitar akustik ada 6 buah, yaitu senar 1, senar 2, 3, 4, 5 dan 6. Masing - masing senar juga mempunyai nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E' (Standard Tuning).

12. Tuning Lock
Tuning Lock ini adalah bagian yang terdapat pada bagian belakang bridge yang berfungsi untuk mengunci steman senar. Tuning lock adalah alat manual yang berupa besi/stainless stel. 

13. Fingerboard/Fretboard
Seusuai dengan namanya Fingerboard yang berarti papan jari. Yaitu adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck). Fingerboard adalah bagian alat musik gitar yang panjang dan tipis serta berbentuk persegi panjang, biasanya terbuat dari bahan kayu yang telah dilaminasi. Di atas fingerboard inilah senar pada gitar berada.

14. Strap In
Strap In adalah benjolan kecil dari besi yang berfungsi untuk mengaitkan gitar dengan tali/sabuk yang biasa digunakan saat tampil di atas panggung (bermain gitar sambil berdiri).

15. Pickup Selector
Bagian ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk memilih pickup mana yang akan dinyalakan, anda bisa menyalakan pickup gitar bagian depan saja, belakang saja atau dua-duanya.

Senar Gitar

Gitar elektrik/listrik mempunyai 6 senar yang masing-masing mempunyai ukuran berbeda. Gitar elektrik menggunakan jenis senar stainless steel. Senar 1,2,3 adalah senar stainless single dan senar 4,5,6 adalah senar stainless dengan lilitan tembaga.

tuning stem senar gitar akustik

Gitar mempunyai berbagai macam jenis tuning. Tipe tuning yang paling banyak digunakan adalah "Standard Tuning". Pada standar tuning senar 1 bernada E', senar 2 bernada B, senar 3 bernada G, senar 4 bernada D, senar 5 bernada A dan senar 6 bernada E.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan lihat tabel berikut :
cara stem gitar akustik standar
Artikel terkait :


Nada Pada Gitar


Pada setiap bagian fingerboard akan muncul nada yang berbeda-beda saat kita menekanya. Untuk lebih lengkapnya tentang nada-nada pada fretboard/fingerboard silahkan lihat gambar dibawah ini.

nada pada fret gitar

Atau baca tabel ini :
nada pada fret gitar

Dengan mempelajari anatomi atau bagian-bagian gitar maka anda akan lebih tahu seluk beluk tentang gitar Elektrik.

No comments:

Post a Comment