Sunday, March 24, 2013

Tips Cara Hemat Energi di Rumah


IKLAN
CARAGITAR.com - Tips Cara Hemat Energi di Rumah. Apakah anda sudah menonton An Inconvenient Truth karya Al Gore? Bila iya, film dokumentasi fenomenal ini dapat menggambarkan dampak pemanasan global yang terjadi di berbagai belahan dunia. Perubahan iklik yang ekstrem dan bencana alam banjir serta longsong adalah sebagian dampaknya.

Pemanasan global banyak dipicu kerusakan lingkungan alam. Maka, tak ada kata lain untuk membantu mencegah kerusakan alam lebih luas lagi seperti dengan aksi menghemat energi.

Cara sederhana mudah, dan praktis ini dapat mulai dilakukan dari dalam rumah Anda. Berikut tips cara menghemat energi di rumah :

  1. Menghemat listrik
    Minimalkan penggunaan atau matikan perangkat elektronik Anda saat sudah tidak dipakai dan hendak bepergian. Contohnya seperti AC, televisi, stereo set, dan komputer desktop. Sebaiknya Anda juga memakai produk elektronik berteknologi hemat energi.

    tips trik hemat energi listrik
  2. Memaksimalkan cahaya alami.
    Perbanyak jendela dan perbesar ukuranya. Pilih bentuk jendela yang tidak terbagi dalam bagian kecil yang dibatasi frame, dapat dibuka lebar, dan berkaca transparan. Cara lain, memanfaatkan plafon transparan yang bisa ditempatkan di berbagai ruangan. Penggunaan warna car dinding bernuansa cerah dan terang seperti, putih, kuning dan lain-lain turut mendukung pererangan cahaya dalam ruangan.

    tips cara hemat energi
  3. Memperlancar sirkulasi udara.
    Kerap berada dalam rumah malah merasa panas. Solusinya, letakkan kipas angin di area plafon rumah. Kemudian saat menggunakan material transparan seperti kaca dan polikarbonat sebaiknya "selipkan" penghalam berupa kisi-kisi dan kanopi. Di sisi lain, Anda dapat meletakkan tanaman hijau di area bukaan rumah. Caranya, cukup meletakkan di sekitar jendela tanaman berdaun lebat yang tingginya sejajar dengan jendela itu.
  4. Efisien dan proporsional memakai perangkat elektronik.
    Sesuaikan kapasitas kerja mesin dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, saat hendaka memakai mesin cuci, jangan hanya memasukkan 1-2 potong baju saja ke dalam tabung. Lebih baik Anda memasukan dalam jumlah banyak yang proporsional dengan kapasitas mesin.
  5. Perhatikan tata letak barang.
    Penempatan furnitur berukuran besar jangan diletakkan di tengah ruangan, sebaiknya dirapatkan ke dinding. Pembatas ruangan bermaterial bambu jadi pilihan tepat untuk lancarnya sirkulasi udara. Selain itu, penempatan perangkat elektronik, patut diperhatikan agar bekerja efektif dan efisien. Misalnya jarak kulkas dengan dinding jangan terlalu mepet, agar sirkulasi hawa panas mesin lancar keluar.
Oke, hanya itu saja yang bisa REBABO CARA berikan mengenai Cara Hemat Energi / Tips hemat energi di rumah. Jika ada pertanyaan seputar hemat energi yang ingin anda tanyakan, atau ada tips sendiri dari Anda, silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah.

Terima kasih telah membaca tips cara hemat energi.

No comments:

Post a Comment