Friday, February 15, 2013

Cara Bermain Biola Untuk Pemula


CARAGITAR.com - Cara Cepat Bermain Biola. Biola mungkin di kalangan masyarakan Indonesia masih terlalu asing, apalagi untuk masyarakat di sekitar pelosok.

Biola sendiri adalah alat musik yang berbentuk hampir sama dengan gitar, perbedaanya adalah untuk memainkan biola kita harus menggunakan busur agar dapat membunyikan dawai/senarnya.

Senar biola memiliki 4 buah/dawai. Masing - masing senar mempunyai nada yang berbeda, yaitu (G, D, A, E). Bagi anda yang masih belum mengetahui bentuk/ wujud dari biola, dibawah ini adalah gambar biola.

Untuk anda, pemula yang ingin belajar memiankan alat musik ini, disini REBABO CARA akan memberikan tutorial cara bermain biola untuk pemula.

Langsung saja, diawah ini adalah tutorial cara bermain biola untuk pemula.



Posisi Memegang Biola
  1. Posisi badan harus berdiri tegak dengan posisi kaki agar sedikit terbuka.
  2. Telapak kaki kita membentuk sudut sebesar 30 derajat dengan posisi kepala menghadap kedepan dengan tegak.
  3. Letakan biola diatas pundak kiri dan jepit biola diantara dagu dan pundah Anda.
  4. Usahakan tangan kiri dapat dengan leluasa bergerak.
  5. Selalu luwes dan rileks saat bermain biola sehingga dapat memberikan kesan positif.

Latihan Memegang Busur Biola
    cara baik bermain biola pemula
  1. Pegang bagian bususr pas di tengah dengan menggunakan tangan kiri, dengan ujung mengarak ke sebelah kiri dan pangkal kesebalah kanan.
  2. Telapak tangan kanan harus dihadapkan keatas, dengan ibu jari didekatkan pada ruas jari tengah sehingga akan membentuk tangan "bundar"
  3. Balik tangan kanan, kemudian gerakan tangan kanan anda seperti orang menggesek biola.
  4. Ulangi gerakan ini dengan jari telunjuk kakan menyentuk dibagian atas dari penggesek.
  5. Tempatkan ibu jari tangan kanan ita dibawah kayu penggesek dengan posisi jari yang lain tetap. Ibu jari sedikit melengkung dan rileks.
  6. Ujung dari kelingking ditelakan diatas pangkal penggesek, kemudian kelingking kita harus dalam keadaan rileks.
  7. Jari telunjuk dan jari kelingking berfungsi untuk mengatus tekanan pada senar biola
  8. Jari tengah dan jari manis lebih berfungksi untuk membantu jari telunjuk dan kelingking serta untuk menguatkan pegangan tangan pada penggesek biola. ( Pusing..? Untuk lebih jelasnya silahkah liat gambar di samping atas! )

Posisi Jari Pada Fret Biola

Posisi jari pada fret biola menentukan nada yang akan berbunyi saat kita menggesekan busur biola. Anda harus menghafal atau setidak nya memahami posisi jari pada fret biola, karena ini adalah pelajar dasar yang harus anda kuasai.

Untuk gambar dari posisi jari pada fret biola, dan nada apa yang akan muncul, silahkan lihat gambar dibawah :
cara bermain kunci biola pemula

Oke, hanya itu saja yang bisa REBABO CARA berikan untuk Anda. Kunci dari bisa atau tidaknya anda bermain biola ada di tangan anda sendiri, Selalu berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika anda masih bingung dengan penjelasan tulisan diatas, silahkan saja belajar bermain biola dengan melihat video tutorial dibawah ini.



Terima kasih telah membaca tutorial cara bermain biola untuk pemula, jika ada yang ingin anda tanyakan tentang biola silahkan tinggalkan komentar anda dibawah.

31 comments:

  1. Maaf , menggangu ... saya kemarin beli biola dan saat di gesek dengan bow kok tidak mengeluarkan bunyi ???

    mohon penjelasannya !!!

    ReplyDelete
  2. @raihan
    Kencangkan Hair dengan cara memutar Screw ke arah kanan (searah jarum jam). Jika masih tidak berbunyi silahkan gosok hair dengan menggunakan rosin.

    Untuk lebih jelasnya, silahkan baca disini http://tipstutorialcara.blogspot.com/2013/03/solusi-kenapa-biola-tidak-bisa-berbunyi.html

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. asalkan rajin latihan pasti bisa gan, semangat!!

      Delete
  4. apakah bermain biola itu sama gampangnya bermain gitar ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gampangnya gan, tapi masing-masing punya kelebihan sendiri2

      Delete
  5. sebenernya si aku kepingin mahir bermain biola....tpi ngomomng ngomong brapa si harga biola sendiri..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau gw harganya itu di atas 600 yang paling jelek

      Delete
    2. kalo beli biola baru mah semua begitu... sering2 d gesek aja

      Delete
  6. kalo begitu saya ingin juga belajar dan ingin tahu cara bermain biola dengan mahir

    ReplyDelete
  7. cara nya gimana sich biar cepet masih bermain biola.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. latihan terus aja, pelan pelan bisa kok

      Delete
  8. maaf.. kok videonya gak bisa diputer ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sorry atas gangguanya.

      Tapi sekarang udh bisa kok :)

      Delete
  9. Gan itu maksud dari fred jadi pada biola, masih blm paham

    ReplyDelete
  10. Tips nya dong om biar leher ga sakit pada waktu main..

    ReplyDelete
  11. mau tanya,apa bnr klo mau bisa main biola dasarnya hrus bisa main gitar dulu..????.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga,saya gabisa sama sekali main gitar tp saya bisa langsung main biola tanpa harus bisa main gitar dulu

      Delete
  12. Fred pada biola maksudnya bagaimana yaa? Kalo peletakkan jari yang benar Tanpa grip (stiker) itu gimana?

    ReplyDelete
  13. klo mau beli biola yang harganya 600 an itu gampang rusak nggak yah ?

    #dijawabyaahhh!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kualitas dan merk. dan cara penggunaanya juga.
      Yang pasti harga menentukan kualitas. Tapi kalau masih baru, beli yang murah2 dulu nggak papa gan, nanti kalau emang sudah bisa baru beli yang bagus buat pentas/manggung

      Delete
  14. klo mau beli bioal yang harganya 600 an . gampang rusak gk yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga menentukan kualitas gan,
      tergantung belinya dimana? produknya ori atau kw? dan pemakaianya :)

      Delete
  15. Bagi yang ingin punya biola biar bisa belajar main biola, anda bisa membeli / memesan biola di tempat kami divamusiksolo.blogspot.com. harga biola 400.000, 450.000, dan 625.000. Di sini anda bisa memesan biola dengan warna sesuai keinginan anda dan anda juga boleh menambahkan nama atau identitas lainnya tanpa tambahan biaya (gratis)

    ReplyDelete
  16. gan kalo blajar biola sama belajar gitar susahan mna

    #tolongdijawabdok

    ReplyDelete
  17. ka kalo blajar gitar sama biola susahan mana

    #tolongdijawabdonk

    ReplyDelete
  18. kok klo maen biola kadang2 leher jadi sakit ya...kasih tips dong...

    ReplyDelete
  19. Itu harga biola di atas baru apa bekas ? Sudah termasuk tas dan aksesorinya?

    ReplyDelete