Saturday, December 17, 2011

Tips Cara Melepas Beban Stres


IKLAN

cara melepas beban stres

REBABO cara - Tak dapat ditampik lagi bila stress mudah terjadipada siapapun. Kondisi tersebut boleh jadi menjadi dampak negative yang dihadapi insane modern sekarang ini. Alih-alih ingin tampil dengan performa yang baik, tetapi stress justru menghambat pikiran dan tubuh anda utuk berkarya. Anda tentu tak mau dihadapi beban pikiran seperti iitu.

Sebaiknya segeralah bertindak agar anda dapat lepas dari stress yang berkepanjangan. 

Caranya cukup mudah untuk dipraktikan. Berikut ini beberapa saran yang dapat anda coba:


  • Menulis
Kegiatan ini memiliki dampak positif untuk psikis anda, karena dapat membantumengelola beban pikiran. Seperti dilansir dari situs CNN.com,Profesor James Pennebaker PhD, dari university of texas, Amerika Serikat memaparkan bahwa menulis dapat menenangkan isi hati seseorang. Dengan menuliskan perasaan atau kejadian yang membua stress, dapat menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan seseorang sehingga lebih stabil. Selain itu, menulis dapat menenangkan, menambah produksi hormone endorfin yang membawa rasa bahagia dan senang, serta mengurangi hormon kortisol, si pencetus stress.


  • Olahraga

Selain baik untuk tubuh, olahtraa juga bermanfaat mengusir stres. Apapun jenis olahraganya akan memompa hormone endorfin yang menjadi sarana meditasi di tengah aktifitas. Misalnya saja, dengan berfokus pada target perhari. Baik ketika anda berenang, bermain tenis, maupun olahraga lainya, tubuh diajak untuk menaikkan stamina untuk mencapai target. Lalu, tubuh akan membawa anda untuk merasa lebih rileks dan tenang.

Selain itu olahraga juga akan membuat tidur anda lebih puas, mengurangi depresi, dan rasa cemas oleh karena itu, pilihlah jenis yang anda sukai dan tekuni olahraga tersebut. Selain mendapat tubuh sehat, pikiran pun labih tenang


  • Buat target dan rutinitas baru

Bila selama ini stress menghambat anda untuk membuat rencana-rencana seru, sekarang ubah pola itu. Buatlah beberapa target baru yang hendak dicapai dari yang paling sederhana hingga membutuhkan proses. Sebut saja seperti berebcana seminggu dua kali bersepeda di tempat kerja, aktif di lingkungan baru, dan berencana mengambil pendidikan di jenjang selanjutnya. Perbaharui rutinitas anda, untuk memompa semangat baru.

Jangan larut dalam stress, tapi segeralah bertindak untuk mengambil beban pikiran tersebut.

2 comments:

  1. terima kasih atas informasi yang telah di sampaikan

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas tips yang sudah diberikan

    ReplyDelete