Friday, December 30, 2011

Misteri Kelahiran dan Kematian Bintang



Misteri Kelahiran dan Kematian Bintang

Apakah semua bintang habis terbakar, atau akan terbentuk bintang baru?

REBABO cara - Bintang-bintang dilahirkan dan juga mati, tetapi kecepatanya bervariasi dari galaksi ke galaksi. Bintang terbentuk dari awan yang berisi debu dan gas yang sangat besar. Jika awan ini mengerut karena gravitasinya sendiri, bagian dalamnya memanas menjadi energi panas, hingga mencapai jutaan derajat, dan terjadilah reaksi nuklir yang mengubah suatu elemen menjadi elemen lain dan melepaskan energi.

Tekanan cenderung memperluas kembali awan tersebut, tetapi pada akhirnya tercapai keseimbangan. Inilah bintang yang sebenarnya yaitu massa gas pada tingkat keseimbangan antara tekanan dalam akibat gravitasi dengan tekanan luar reaksi-reaksi nuklir.

Sebuah bintang memiliki masa hidup terbatas karena bintang merupakan bahan bakar yang terbakar. Sembilan puluh persen hidupnya, bintang membakar hidrogen menjadi helium. ketika hidrogen habis, tekanan menurun, tetapi gravitasi tetap ada. Akibatnya bintang mengerut hingga suhunya naik kembali, kali ini kanaikan mencapai suhu ratusan juta derajat. Sementara itu perubahan helium menjadi karbon dan oksigen terus berlangsung. Bintang akan kembali stabil untuk jangka waktu yang lebih singkat. Pada akhirnya bintang akan mati, yaitu ketika reaksi-reaksi yang terjadi tidak lagi menghasilkan energi tetapi terus menghabiskan energi.

Artikel terkait :

Tags : Misteri Kelahiran Bintang, Misteri Jagat Raya, Misteri Kelahiran dan Kematian Bintang, misteri alam semesta, asal mula bintang, asal usul bintang, bintang di jagat raya alam semesta, cara melihat bintang dengan jelas, Fonomena bintang di alam semesta.

No comments:

Post a Comment