Tuesday, June 21, 2011

Cara Mengatasi Ponsel Yang Basah


Cara Mengatasi Ponsel Yang Basah
REBABO cara - Cara Mengatasi Ponsel Yang Basah. Telepon Seluler (ponsel) jatuh ke dalam air atau basah karena hujan? Pastinya hal ini membuat anda kebingungan. Meskipun terkesan sepele, ponsel yang basah terancam mati dan rusak. Data-data penting di dalamnya pun bisa lenyap. Apalagi jika ponsel yang Anda miliki masih tergolong baru dan harganya mahal, kekecewaan pun menumpuk. Namun ada sejumlah cara untuk mengatasi ponsel yang basah. Disini REBABO cara akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi ponsel anda yang habis tercebur atau terkena hujan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi/memperbaiki ponsel yang basah :

1. Jangan Panik

Syarat saat menghadapi hal ini, tetap tenang dan jangan panik. Semua ini membutuhkan kecepatan dan kesigapan Anda dalam mengatasi masalah ini.


2. Lepaskan Casing

Jika ponsel/handphone Anda basah kuyup, segera lepas semua casing dan bagian yang bisa dilepas. Jangan lupa, pastikan ponsel/handphone (HP) dalam kondisi off atau mati untuk mencegah hubungan arus pendek (korsleting).

3. Keluarkan Kartu SIM, Memori dan Baterai.

Segera keluarkan kartu memori, kartu SIM dan baterai. Dengan tisu atau kain lembut, usaplah air di ponsel dampai benar-benar kering. Cara ini bisa dilakukan jika ponsel/handphone tidak terlalu basah. Namun, jika ponsel basah dalam waktu yang lebih lama, Anda harus menggunakan cara lainya.

Jika komponen ponsel/handphone telah dibongkar, tetapi terkena air asin, bersihkan ponsel/handphone dengan air tawar bersih. Sebab, garam bisa menyebabkan korosi.


4. Keringkan Dengan Pengering Rambut atau Penyedot Debu.

Siasat lainya adalah mengeringkan dengan penyedot debu (vacum cleaner) atau pengering rambut (hairdryer). Penting untuk dicatat, sebaiknya jangan mengarahkan ponsel terlalu dekat dengan pengering. Sebab, jarak yang terlalu dekat antara ponsel dengan pengering rambut bisa membuat komponen elektronik dalam HP rusak. Selain itu hairdryer juga bersifat menyemburkan air. jadi, pastikan hairdrer mendorong air keluar, dan bukan membantu air lebih masuk kedalam ponsel.

5. Tempatkan Ponsel di Tempat yang Hangat dan Kering

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan ponsel di tempat yang hangat dan kering selama beberapa waktu. Ini akan membuat air yang tersisa di dalam ponsel yang sulit dibersihkan akan menguap perlahan-lahan. Atau, letakkan ponsel diatas tumpukan beras selama sekitar 24-48 jam. Beras akan membantu mempercepat penguapan air dalam ponsel.


6. Jangan Terburu-buru Menyalakan Ponsel

Jika semua langkah sudah dilakukan sebaiknya jangan terburu-buru memasang baterai dan menyalakan ponsel. Tunggulah sekitar 24 jam. Baruah kemudian Anda coba memasang komponen dan menghidupkan ponsel. Jika ponsel masih belum menyala, bawa ke tempat servis ponsel. Anda tak perlu tergesa-gesa membeli ponsel baru. Sebab, umumnya dengan langkah di atas, ponsel akan bisa teratasi.

Hanya itu saja yang bisa saya berikan mengenai cara mengatasi ponsel yang basah, semoga bermanfaat untuk Anda jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya.


Tags : iptek, tips trik, cara mengatasi ponsel yang basah, mengatasi HP handphone yang tercebur ke air, hal yang harus dilakukan jika ponsel anda basah, jika ponsel terkena air hujan, ponsel jatuh ke sungai, jatuh ke selokan, hal yang harus dilakukan jika handphone HP anda terkena air, cara yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan ponsel saat terkena air, tips trik jika ponsel basah terkena air, tips mengatasi ponsel yang basah.

2 comments:

  1. salam sahabat ini artikel bagus.... kren mas, thanks

    ReplyDelete
  2. Ok, thanks
    original sob.

    terima kasih untuk komentarnya

    ReplyDelete