Friday, May 27, 2011

Teknik Dasar Gitar Elektrik


IKLAN
Teknik Dasar Gitar Elektrik
REBABO cara - Teknik Dasar Gitar Elektrik. Banyak orang diluar sana yang bisa memainkan gitar, tapi banyak diantara mereka yang tidak menggunakan bahkan tidak mengenal teknik-teknik dasar gitar elektrik. Teknik dasar sangat diperlukan untuk mempermudah kita menguasai gitar, terutama teknik-teknik gitar elektrik. Sebenarnya ini bukan teknik untuk gitar elektrik saja, tetapi bisa diterapkan pada gitar biasa/tabung. Dengan menguasai teknik dasar itu akan menambah skill anda bermain gitar, terutama untuk bermain melodi.

Langsung saja REBABO cara akan memberikan teknik-teknik dasar bermain gitar. Di bawah ini akan saja jelaskan beberapa teknik-teknik bermain gitar.

1. Teknik Hammering

Teknik hammering adalah suatu teknik membunyikan dua atau lebih nada dengan sekali petik pada senar yang sama. Kecepatan waktu yang berlipat ganda itulah yang menyebebkan teknik ini sangat diperlukan, terutama dalam permainan melodi. Ada dua jenis teknik hammer, yaitu :

Hammer-on. Merupakan teknik hammering dimana nada yang dibunyikan semakin tinggi
Pull-off. Adalah nama lain dari hammer-off, dimana nada yang dibunyikan sekali petik itu semakin rendah.

2. Teknik Sliding

Sama dengan teknik hammering, teknik gitar sliding juga membunyikan lebih dari satu nada dengan sekali petik pada senar yang sama. Beda dengan hammering, sliding dilakukan dengan satu jari yang sama.

Single Sliding. Untuk teknik single sliding, yang paling umum dipakai adalah jari ke-2 (jari tengah) dan ke-3 (jari manis). jari ke-4 (kelingking) jarang dipakai kecuali untuk sliding chord.

Power Slide. Teknik slide ini sering dipakai untuk musik beraliran Rock ataupun Metal, caranya adalah anda perlu menyiapkan gitar elektrik dan efek distorsi. Tempatkan jari tengah anda di fret ke-12 senar 6. petik dan lakukan slide menuju fret 0. Bisa juga sebaliknya, dari fret ke-1 menuju fret ke-12 atau lebih.

3. Teknik Bending

Bending merupakan teknik dasar yang banyak dipakai pada musik Blues dan Rock. Teknik ini dilakukan dengan sekali petik pada satu fret dengan satu jari.

Single String Bending. Sebuah teknik bending dengan menaikan nada dengan cara menekan senar ke atas.
Double String Bending. Double bending dilakukan dengan melakukan bending dua nada yang berbeda bersama-sama (sekali petik). Bending jenis ini paling umum menggunakan senar ke-2 den senar ke-3.
Vibrato. Sebuah teknik dengan menaikan-turunkan nada dengan cepat. Ada dua cara vibrato, yaitu vertikal dan horisontal.

4. Teknik Tapping.

Teknik tapping pada dasarnya merupakan teknik hammer-on dan pull-off. Bedanya, tangan kanan ikut membentuk nada, bukan memetik. Teknik ini menghasilkan nada dalam kecepatan yang cukup mengagumkan. Yang sering digunakan adalah :

  • Fret Tapping
  • Chord Tapping



5. Teknik Arpeggio

Jika anda akrab dengan musik rock terutama rock berkarakter keras dan cepat, tentunya anda tidak heran dengan permainan solo yang begitu cepat. Hal ini dilakukan dengan teknik Arpegio.

Teknik ini sangat sederhana, dimana posisi jari tangan kiri membentuk chord sedangkan pola petik dari pick dengan downstroke di senar-senar yang bernada dari senar paling besar ke paling kecil. Tapi teknik ini sering juga dilanjutkan dengan upstroke dari senar terkecil ke yang besar. Posisi tangan kiri tetap sama, meskipun sering diakhiri dengan hammering atau bending.

6. Teknik Power Chord

Setiap chord yang kita mainkan di leher gitar pada dasarnya memiliki beberapa nada yang diulang. Misalnya chord E terdiri dari nada E-B-E-G#-B-E. Tetapi dengan Power Chord anda hanya membunyikan 2 atau 3 nada utama. yang sering dipakai adalah nada ke-5(sol), sehingga suata yang dihasilkan tetap sama untuk mayor maupun minor. Itu sebabnya Power Chord juga dikenal sebagai chord ke-5 atau E5.

7. Teknik Muting

Teknik muting ini diperoleh dengan menyentuh senar dengan sisi luar telapak tangan kanan. Untuk menghasilkan efek yang baik dan tetap memperdengarkan nada ataupun chord yang dibentuk tangan kiri, maka posisi sentuh terletak pada senar paling belakang atau paling dekat dengan tremolo. Jika posisinya tepat, maka jikapun telapak anda tekan, maka suara masih tetap terdengar baik. Jika posisinya tidak tepat, maka tidak akan terdengar nada atau chordnya.

Untuk mengecek ketepatan posisi, coba anda tekan salah satu nada ataupun chord dengan tangan kiri. Lakukan posisi muting. Petik senar, geser-geser posisi telapak tangan kanan anda, dan cari nada yang paling jelas. Jika ketemu disitulah posisi anda seharusnya.

8. Pick Scrape

Pick Scrape merupakan pemakaian teknik slide dengan pick. Caranya dengan menggeser pick anda dari dekat tremolo pada senar ke-6 menuju ke arah leher gitar. Pakailah unit prosesor distorsi agar efek suaranya lebih terasa.

9. Teknik Harmonik

Saat saya membaca-baca buku tentang gitar, sebenarnya suara terdiri dari nada-nada harmonik. Ketika kita memetik senar, suara yang kita dengar adalah suara dasar yang sering dikenal dengan suara fundamental. Sedangkan suara lain adalah harmonik yang frekuensinya adalah diatas 1 oktav dari fundamental.

Open String Harmonic. Dengan caa ini kita akan memperoleh 5 nada harmonic.
Fretted String Harmonic. Kita dapat mendengar suara semua harmoni yang kita inginkan dengan teknik fretted string harmonic. Caranya, jari tangan kiri menekan suatu nada yang diinginkan, sementara jari yang menyentuh senar adalah jari tangan kiri. Peran pemetik tetap pada jari tangan kanan. Posisi sentuh jarak fret sama dengan open string harmonic.
Pinching Harmonic. Pinching harmonic pada dasarnya sama dengan fretted string harmonic, hanya saja fungsi sentuh bukan jari tangan kanan melainkan ujung luar jempol tangan kanan. Posisi sentuhnya bukan diatas fingerboard, melaiknak di atas bodi gitar (meskipun bisa saja melakukan hal itu). Inin artinya, fret di atas 24. Anda dapat mencobanya untuk mencari harmoni yang tepat.

10. Teknik Whammy Bar

Whammy bar sering disebut juga handle. Penggunaan alat ini dapat menghasilkan suara yang sangan berbeda, seperti suara menggeram atau derum motor, suara lengkingan dan lainya. Suara derum dapat anda peroleh dengan menekan salah satu fret terendah misalnya fret ke-3 senar 6, petik lalu tekan makin ke bawah handle-nya sehingga suara yang terdengar semakin rendah. Jangan lupa pakai distrosi-nya. Suara lainya dapat anda peroleh dengan melakukan eksperimen pola tekanan pada handle.

Hanya 10 itu saja yang bisa REBABO cara berikan, semoga membawa manfaat. Untuk pada gitaris semoga dapat menambah semangat dalam bermain gitar. Jika masih ada yang kurang jelas silahkan berikan komentar Anda di bawah. Dan untuk para Master Gitaris jika masih ada kesalahan pada artikel di atas, mohon untuk menjelaskanya dengan cara memberikan komentar Anda di bawah.


Artikel Terkait :



Tags : Teknik dasar gitar elektrik, teknik gitar electric, tips cara memainkan gitar elektrik, rahasia gitar listrik, technic electric guitar, tips trik cara jago main gitar, cara melatih tangan bermain gitar, menjadi gitaris profesional, teknik bermain gitar, teknik arpeggio, teknik gitar ekstrem, chord gitar, not balok gitar, yngwie malmsteen gitar,  kunci cara belajar gitar listrik.

3 comments:

  1. kalo one last breath itu termasuk teknik yg mana?

    ReplyDelete
  2. One Last Breath itu kan judul lagu, maksudnya gimana gan.?
    Bisa dijelaskan Apakah semua teknik gitar di lagu tersebut, ataukan intro..?

    ReplyDelete
  3. jadi teknik pling dasar untuk beginner yg mana ya?

    ReplyDelete